Sabtu, April 17, 2021

Zoom Meeting Persiapan Uji Coba Instrumen Akademik dan Non Akademik

Kamis (19/11), Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Indonesia menggelar zoom meeting dalam rangka persiapan Uji Coba Instrumen Akademik dan non Akademik. Sesi pertemuan online ini diikuti oleh proktor dan teknisi dari 135 sekolah SMA dan SMK di empat kabupaten di Jawa Timur.

Tak terkecuali, SMK Islam 1 Durenan dan SMK Islam 2 Durenan yang bernaung di bawah Lembaga Pendidikan Maarif NU turut serta dalam pertemuan pengarahan tersebut. Selaku proktor, SMK Islam 1 Durenan diwakili oleh Taufik Ridlo dan SMK Islam 2 Durenan diwakili oleh Zainal Fanani. Pengarahan online berlangsung kurang lebih selama dua jam yakni mulai pukul 13:00 hingga 15:00. Dibuka oleh Ibu Rumondang Purwati dari Pusmenjar, meeting bersama ini membahas segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan Uji Coba Instrumen Akademik dan non Akademik pada Rabu-Kamis (25-26/11) minggu depan. Mulai dari aturan, administrasi hingga teknis pelaksanaannya.

Mengisi presentasi pengarahan, Ibu Rumondang menjelaskan tujuan dari ujicoba ini dan kriteria sekolah-sekolah yang ditunjuk sebagai tempat ujicoba. Sambil dibantu oleh Bapak Demas Dasa, dari Pusmenjar juga, penjelasan awal lebih berisi tentang aturan, tugas-tugas, cara kerja normatif dari tiap komponen yang terlibat dalam uji coba, seperti kepala sekolah, pengawas, proktok dan teknisi.

Usai pemaparan pengantar dari Ibu Rumondang dan Bapak Demas, penjabaran dilanjutkan dengan paparan teknis yang merupakan job khusus bagi proktor dan teknisi. Paparan teknis disampaikan oleh Bapak Nasrullah yang merupakan co-host dari zoom meeting ini.

Dalam paparan teknis bagi proktor dan teknisi ini dijelaskan hal-hal seperti system requirement untuk ujicoba, topologi jaringan yang baiknya digunakan, dan tata cara pengoperasian exambrowser proktor beserta penanganan administrative ujian di dalamnya. Sekilas, teknis dari uji coba ini mirip dengan UNBK. Hanya saja yang membedakan tidak ada server yang ditangani oleh proktor. Jadi, kendali laman ujian sepenuhnya dipegang oleh pusat. Pihak yang ada disekolah tinggal mengoperasikan berdasarkan requirement yang telah ditentukan.

Meski zoom meeting diagendakan secara resmi dan formal namun bagi para proktor dan teknisi, agenda ini menjadi semacam ruang silaturrahim mengingat mereka tiap tahun sudah terbiasa dengan acara seperti ini. Tak pelak, guyonan, tegur sapa, dan candaan juga mewarnai zoom meeting tersebut. Untuk diketahui, 135 sekolah di Jatim yang ditunjuk dalam uji coba ini tersebar dalam empat kota dan kabupaten yakni Trenggalek, Malang, Lamongan dan Gresik. Secara serentak mereka akan melaksanakan rangkaian Uji Coba Instrumen Akademik dan Non Akademik yang diagendakan pada 24 hingga 26 November mendatang.(*/lf)

 

Related Articles

Nahdlatul Ulama Harus Solid, Terdepan dalam Merawat Kebangsaan

LP Ma’arif Nu PBNU dalam merayakan hari lahir Nahdlatul Ulama yang ke 98 hijriah (16 Rajab 1442 H) bertepatan dengan tanggal 28 Februari 2021,...

Kepemimpinan Guru dalam Falsafah Jawa

Oleh : Dr. Mohib Asrori, S.Pd.I, MSI Kriteria figur pemimpin yang tangguh dan ideal adalah...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
2,508PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles

Nahdlatul Ulama Harus Solid, Terdepan dalam Merawat Kebangsaan

LP Ma’arif Nu PBNU dalam merayakan hari lahir Nahdlatul Ulama yang ke 98 hijriah (16 Rajab 1442 H) bertepatan dengan tanggal 28 Februari 2021,...

Kepemimpinan Guru dalam Falsafah Jawa

Oleh : Dr. Mohib Asrori, S.Pd.I, MSI Kriteria figur pemimpin yang tangguh dan ideal adalah...

Muridku, Aku Selalu Bersamamu

Karya : Suci Adiningtiyas, S.Pd Muridku,Aku masih di siniSelalu setia menemanimuBerkreasi demi mencerdaskan anak negeriMuridku,Meski hampir setahun pandemi menghantuiMemporak porandakan sejuta mimpiNamun jangan takut, gurumu...

Sako Ma’arif NU Jadi Model Organisasi Kepramukaan

Satuan Komunitas (Sako) Ma’arif NU jadi organisasi pramuka inovatif. Banyak gagasan-gagasan baru tumbuh dari Sako Ma’arif NU yang diaktualisasikan dalam kegiatan kepramukaan. Baik tingkat...